Kamis, 09 Desember 2010

PERKECAMBAHAN TUMBUHAN BIJI

Pengertian


Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan biji dimulai dengan perkecambahan/ Perkecambahan adalah munculnya plantula (tanaman kecil dari dalam biji). 
 
A. Proses Perkecambahan 

1) Proses fisika 
    Proses fisika terjadi ketika biji menyerap air     (imbibisi) akibat dari potensial air rendah pada biji yang kering. 

2) Proses kimia
    Dengan masuknya air, biji mengembang dan kulit biji akan pecah.Air yang masuk mengaktifkan embrio untuk melepaskan hormon giberelin ( GA ). Hormon ini mendorong aleuron (lapisan tipis  bagian luar endosperma) untuk mensintesis dan mengeluarkan enzim. Enzim bekerja dengan menghidrolisis cadangan makanan yang terdapat dalam kotiledon dan endosperma. Proses ini menghasilkan molekul kecil yang larut dalam air, misalnya enzim amilase menghidrolisis pati dalam endosperma menjadi gula. Selanjutnya gula, dan zat - zat lainnya diserap dari endosperma oleh kotiledon selama pertumbuhan embrio menjadi bibit tanaman (Purves et al.2004).

B. Macam Perkecambahan 

1) Epigeal 
         Perkecambahan epigeal adalah apabila terjadi pembentangan ruas batang di bawah daun lembaga atau hipokotil sehingga mengakibatkan daun lembaga dan kotiledon terangkat ke atas tanah, misalnya pada kacang hijau (Phaseolus radiatus)

2) Hipogeal
         Perkecambahan hipogeal adalah apabila terjadi pembentangan ruas batang teratas (epikotil) sehingga    daun lembaga ikut tertarik ke atas tanah, tetapi kotiledon tetap dibawah tanah. Misalnya pada biji kacang kapri (Pisum sativum)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar